16 January 2013

Dana Investasi

Dana Investasi


Dana investasi adalah salah satu fitur dari Prulink Assurance Account yang merupakan sarana dalam menempatkan dana untuk tujuan memperoleh keuntungan pada masa yang akan datang. Dana investasi bersumber dari premi yang dibayarkan secara reguler oleh nasabah. Tujuan dana invesatasi itu sendiri adalah untuk mendapatkan hasil investasi yang optimal dalam jangka menengah dan panjang melalui penempatan dana pada saham - saham perusahaan indonesia yang berkualitas yang diperdagangkan di Bursa Efek Indonesia.
Premi yang dibayar nasabah akan dialokasikan ke dalam premi berkala dan tabungan (pru saver). Premi tersebut akan ditempatkan pada dana investasi untuk dibelikan instrumen investasi dan dikonversi ke dalam unit yang dinilai berdasarkan harga yang berlaku pada saat itu. Seiring meningkatnya kinerja Prudential Indonesia, pertumbuhan hasil investasi mengalami peningkatan yang signifikan, ini ditunjukkan pula dengan harga unit yang meningkat pesat yang berarti keuntungan nasabah juga meningkat. Jenis Dana Investasi Terdapat 6 jenis dana investasi pada Prulink Assurance Account yang dapat dipilih oleh calon nasabah, yaitu : Prulink Rupiah Cash Fund Prulink Rupiah Fixed Income Fund Prulink Rupiah Managed Fund Prulink Rupiah Managed Fund Plus Prulink Rupiah Equity Fund Prulink Dollar Fixed Income Fund Jika dilihat ari manfaatnya, perbandingan antara bank dengan investasi pada asuransi unit link adalah : jika kita menabung di bank kita akan mempunyai saldo kas dan pendapatan berupa bunga namun kalau terjadi risiko misalnya sakit maka kita harus mengeluarkan uang untuk berobat. Sedangkan pada Prulink Assurance Account, kita juga akan memiliki saldo kas yang terus bertambah yang berupa nilai tunai, jika terjadi risiko misalnya sakit maka kita tidak perlu lagi membayar biaya pengobatan karena sudah daitanggung oleh Pru Hospital &Surgical dan uang kita di bank tetap aman. Memilih Dana Investasi MEMILIH DANA INVESTASI Memilih dana investasi tidak terlepas dari prospektus tingkat keuntungan dan tingkat risiko yang dihadapi dalam investasi tersebut. Setiap dana investasi memiliki tingkat keuntungan yang berbeda - beda tergantung di mana dana kita akan diinvestasikan oleh manager investasi. Disamping itu tingkat risikonya berbeda - beda antara dana investasi yang satu dengan dana investasi yang lain.

Misalnya : Jika dana kita diinvestasikan ke dalam Deposito berjangka, maka tingkat keuntungan akan lebih rendah dan tingkat risikonya juga lebih rendah jika dibandingkan bila dana kita diinvestasikan ke dalam Saham yang akan menghasilkan keuntungan lebih tinggi namun tingkat risikonya juga lebih tinggi karena fluktuasi harga saham yang naik turun setiap saat.

Kinerja dana investasi akan berpengaruh pada nilai tunai hasil investasi, jika kinerja dana investasi naik maka nilai tunai akan naik dengan pesat, sebaliknya bila kinerja dana investasi buruk maka nilai tunai dapat mengalami perlambatan atau bahkan penurunan.

Contoh berikut ini ditemukan dalam ilustrasi
manfaat jenis dana investasi RUPIAH EQUITY FUND, ditetapkan :

  • Jika keuntungan investasi sebesar 5 % ke bawah dikategorikan dengan hasil investasi rendah.
  • Jika keuntungan investasi di atas 5 % dan dibawah 15 % dikategorikan dengan hasil investasi sedang. 
  • Jika keuntungan investasi di atas 15 % dikategorikan dengan hasil investasi tinggi.

per 31 desember 2010 dana investasi RUPIAH EQUITY FUND mencapai keuntungan
sebesar 42,93 %, ini berarti dana investasi tersebut mempunyai potensi yang bagus
(di atas asumsi hasil investasi tinggi) dan nilai tunai akan tumbuh dengan pesat. ini adalah parameter pertama untuk menilai kinerja dana investasi.

Sebaliknya jika hasil investasi di atas berada pada kisaran tingkatan rendah maka nilai tunai hasil investasi juga akan anjlok, artinya uang tabungan nasabah akan turun drastis. Inilah risiko yang akan dihadapi nasabah bila memilih jenis dana investasi dengan tingkat risiko yang tinggi.

Jadi parameter yang dapat digunakan sebagai penilai dalam memilih jenis dana investasi adalah :

  • Prosentase statistik keuntungan investasi 
  • Perkembangan harga unit dari tahun ke tahun 
  • Prosentase tingkat keuntungan sejak dana investasi diluncurkan. 
  • Hasil nilai tunai pada periode tertentu jika dibandingkan dengan jenis dana investasi yang lain 

Data statistik di atas dapat diperoleh ketika ilustrasi manfaat asuransi dibuat oleh seorang agen. Jadi dengan mendapatkan ilustrasi manfaat asuransi anda akan mendapatkan penjelasan mengenai potensi dari masing - masing jenis dana investasi.