22 June 2015

TENTANG STRATEGI PEMBELAJARAN


1. Tiga kolompok teori belajar :
a. Teori-teori belajar dari psikologi behavioristik
b. Teori-teori belajar dari psikologi kognitif
c. Teori-teori belajar dari psikologi humasnistik

- Menurut Teori Behavioristik, belajar adalah perubahan tingkah laku sebagai akibat dari adanya interaksi antara stimulus dan respon. Seseorang dianggap telah belajar sesuatu apabila ia mampu menunjukkan perubahan tingkah laku. Dengan kata lain, belajar merupakan bentuk perubahan yang dialami siswa dalam hal kemampuannya untuk bertingkah laku dengan cara yang baru sebagai hasil interaksi antara stimulus dan respon. Para ahli psikologi dalam rumpun behaviorisme ingin meneliti psikologi secara obyektif.

- Psikologi kognitif adalah kajian studi ilmiah mengenai proses-proses mental atau pikiran. Bagaimana informasi diperoleh, dipresentasikan dan ditransfermasikan sebagai pengetahuan. Psikologi kognitif juga disebut psikologi pemrosesan informasi.

- Teori psikologi Humanistik memberikan keluasan yang sangat besar kepada pendidik dan Anak didik dalam melakukan dialektika pembelajaran, sehingga terjalin komunikasi dua arah yang saling memahami karakter dan konsern dari setiap proses pembelajaran sehingga meransang siswa untuk “merdeka”.

2. Azas-azas belajar menurut teori Koneksionisme
Belajar merupakan peristiwa terbenetuknya asosiasi-asosiasi antara peristiwa-peristiwa yang disebut stimulus (S) dengan respon (R). Stimulus adalah suatu perubahan dari lingkungan ekternal yang menjadi tanda untuk mengaktifkan organism untuk beraksi atau berbuat, sedangkan respon adalah sembarang tingkah laku yang duimunculkan karena adanya peransang.

Thorndike menemukan hukum-hukum belajar sebagai berikut :

a. Hukum kesiapan (law of readiness)
b. Hukum latihan (law of exercise)
c. Hukum akibat (law of effect)

3. Azas-azas belajar menurut teori Gestalt
a. Belajar itu berdasarkan keseluruhan, dalam prinsip ini yang diberikan adalah pokok yang luas yang ahrus dipecahkan oleh anak.

b. Belajar berdasarkan insight dan pengalaman, dalam teori organism memandang insight sebagai pemahaman atau tilikan sebagai syarat mutlak dalam proses belajar.

c. Belajar adalah suatu proses perkembangan dan proses yang kontinyu, manusia adalah organism yang tumbuh dan berkembang menurut cara-cara tertentu karena manusia mempunyai perbedaan-perbedaan individual.

4. Faktor-faktor yang mempengaruhi proses belajar dibedakan atas dua kategori, yaitu faktor Internal dan faktor Eksternal.

- Faktor Internal adalah faktor-faktor yang berasal dari dalam diri individu dan dapat mempengaruhi hasil belajar individu. Faktor intern dibagi menjadi tiga faktor, yaitu faktor jasmaniah, faktor psikologis dan faktor kelelahan.

- Faktor Ekstern, faktor-faktor yang berasal dari luar, dapat dikelompokkan menjadi 3 faktor yaitu faktor keluarga, faktor sekolah dan faktor masyarakat.

5. Komponen-komponen yang terdapat dalam interaksi belajar mengajar, diantaranya adalah:
a. Tujuan Prose belajar-mengajar
b. Guru/pendidik
c. Siswa
d. Kegiatan belajar mengajar
e. Evaluasi

6. Prinsip-prinsip mengajar
a. Prinsip apersepsi adalah memperoleh tanggapan-tanggapan baru dengan bantuan tanggapan yang telah ada. Sehingga mempermudah memahami ide-ide yang baru dipelajari dengan mengingat pada pemahaman ide yang telah dimiliki siswa.


b. Prinsip Peragaan adalah konsep mudah dipahami jika siswa aktif memanipulasi benda konkrit sebagai model representasi dari konsep yang abstrak.

c. Prinsip Motivasi, salah satu fungsi yang melekat pada diri guru adalah sebagai motivator anak didik agar memiliki semangat dan kemauan belajar yang lebih tinggi.

d. Prinsip Belajar aktif, pada hakekatnya belajar adalah wujud keaktifan ssiwa walaupun derajatnya tidak sama antara siswa satu dengan yang lain dalam suatu proses belajar mengajar.

e. Prinsip kerjasama, wujud nyata dalam proses belajar mengajar adalah diharapkan keterlibatan setiap siswa didalam tugas-tugas klasikal atau kelompok.

f. Prinsip mandiri, siswa perlu dibiasakan untuk mencapai kepuasan dengan usaha yang keras dari diri siswa sendiri.

g. Prinsip penyesuaian dengan individu siswa, idealnya karena adanya perbedaan setiap individu siswa maka dalam memberikan pelayanan pendidikan kepada siswa tentu dengan cara dan kecepatan yang berbeda-beda pula.

h. Prinsip Korelasi adalah mengaitkan pokok bahasan yang diajarkan dengan pokok bahasan lain dalam satu mata pelajaran dan mengaitkan hubungan atau manfaat suatu mata pelajaran dengan mata pelajaran lain dan dalam kehidupan sehari-hari serta dalam perkembangan IPTEK.

i. Prinsip Evaluasi yang teratur, kegiatan mengevaluasi keberhasilan proses belajar mengajar yang ditunjukkan oleh kinerja siswa dalam belajar perlu dilakukan secara teratur dan kesinambungan selama dan setelah proses belajar mengajar berlangsung.

7. Keterampilan Guru dalam mengajar
a. Keterampilan bertanya.
b. Keterampilan memberikan penguatan.
c. Keterampilan mengadakan variasi.
d. Keterampilan menjelaskan.
e. Keterampilan membuka dan menutup pelajaran.
f. Keterampilan membimbing diskusi kelompok kecil.
g. Ketarampilan mengelola kelas.
h. Keterampilan mengajar kelompok kecil dan perseorangan.

8. Metode Mengajar
- Metode Pembelajaran Ceramah adalah penerangan secara lisan atas bahan pembelajaran kepada sekelompok pendengar untuk mencapai tujuan pembelajaran tertentu dalam jumlah yang relative besar.

- Metode Diskusi adalah proses pelibatan dua orang peserta atau lebih untuk berinteraksi saling bertukar pendapat dan atau saling mempertahankan pendapat dalam pemecahan masalah sehingga didapatkan kesepakatan diantara mereka.

- Metode Demonstrasi, merupakan metode pembelajaran yang sangat efektif untuk menolong siswa mencari jawaban atas pertanyaan-pertanyaan.
Demonstrasi sebagai model pembelajaran adalah bilamana seorang guru atau seorang demonstrator (orang luar yang sengaja diminta) atau seorang siswa memperlihatkan kepada seluruh kelas sesuatu proses.

- Metode Ceramah Plus adalah metode pengajaran yang menggunakan lebih dari satu metode, yakni metode ceramah yamg dikombinasikan dengan metode lainnya.

- Metode Resitasi adalah suatu metode pengajaran dengan mengharuskan siswa membuat resume dengan kalimat sendiri.

- Metode Eksperimental adalah suatu cara pengelolaan pembelajaran dimana siswa melakukan aktivitas percobaan dengan mengalami dan membuktikan sendiri suatu yang dipelajarinya.

- Metode Study Tour (Karya Wisata) adalah metode mengajar dengan mengajak peserta didik mengunjungi suatu objek guna memperluas pengetahuan dan selanjutnya peserta didik membuat laporan dan mendiskusikan serta membubukan hasil kunjungan tersebut dengan didampingi oleh pendidik.

- Metode Latihan Keterampilan adalah metode mengajar dengan memberikan pelatihan keterampilan secara berulang kepada pserta didik dan mengajaknya lansung ketempat latihan keterampilan untuk melihat proses tujuan, fungsi, kegunaan dan manfaat sesuatu.

- Metode pengajaran beregu adalah suatu metode mengajar dimana pendidiknya lebih dari satu orang yang masing-masing mempunyai tugas.

- Peer Theaacing Method yaitu suatu metode mengajar yang dibantu oleh temannya sendiri.

- Metode pemecahan masalah (problem solving method)


- Project Method adalah metode perancangan adalah suatu metode mengajar dengan diminta peserta didik merancang suatu proyek yang akan diteliti sebagai objek kajian.

- Taileren Method yaitu suatu metode mengajar dengan menggunakan sebagian-sebagian, misalnya ayat per ayat kemudian disambung lagi dengan ayat lainnya yang tentusaja berkaitan dengan masalahnya

- Metode Global (ganze method) yaitu suatu metode mengajar dimana siswa disuruh membaca keseluruhan materi, kemudian siswa meresume apa yang dapat mereka serap atau ambil intisaridari materi tersebut.


9. Model-model strategi belajar mengajar
a. Pembelajaran Kontekstual (Contextual Teaching Learning), konsep pembelajaran yang menekankan pada keterkaitan antara materi pembelajaran dengan dunia kehidupan nyata, sehingga peserta didik mampu menghubungkan dan menerapkan kompetensi hasil belajar dalam kehidupan sehari-hari.

b. Bermain Peran (Role Playing), merupakan salah satu model pembelajaran yang diarahkan pada upaya pemecahan masalah-masalah yang berkaitan dengan hubungan antarmanusia (interpersonal relationship), terutama yang menyangkut kehidupan peserta didik.

c. Pembelajaran Partisipatif (Participative Teaching and Learning) merupakan model pembelajaran dengan melibatkan peserta didik secara aktif dalam perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi pembelajaran.

d. Belajar Tuntas (Mastery Learning), bahwa di dalam kondisi yang tepat semua peserta didik mampu belajar dengan baik, dan memperoleh hasil yang maksimal terhadap seluruh materi yang dipelajari.

e. Pembelajaran dengan Modul (Modular Instruction) adalah suatu proses pembelajaran mengenai suatu satuan bahasan tertentu yang disusun secara sistematis, operasional dan terarah untuk digunakan oleh peserta didik, disertai dengan pedoman penggunaannya untuk para guru.

f. Pembelajaran Inkuiri, merupakan kegiatan pembelajaran yang melibatkan secara maksimal seluruh kemampuan siswa untuk mencari dan menyelidiki sesuatu (benda, manusia atau peristiwa) secara sistematis, kritis, logis, analitis sehingga mereka dapat merumuskan sendiri penemuannya dengan penuh percaya diri.

10. Fungsi Evaluasi Hasil Belajar adalah: 
Untuk membedakan kegagalan dan keberhasilan seorang peserta didik. Namun dalam perkembangannya evaluasi dimaksudkan untuk memberikan umpan balik kepada peserta didik maupun kepada pembelajar sebagai pertimbangan untuk melakukan perbaikan serta jaminan terhadap pengguna lulusan sebagai tanggung jawab institusi yang telah meluluskan.

11. Syarat-syarat Test yang baik adalah :
a. Validitas, berarti kualiats yang paling penting dalam suatu tes. Validitas tes menunjukkan kepada pengertian apakah hasil sesuai dengan kriteria yang dirumuskan dan hingga mana tes tersebut telah mengukurnya.

b. Reliabilitas menunjukkan ketepatan dari nilai yang memperoleh sekolompok individu dalam kesempatan yang berbeda dengan tes yang sama ataupun yang itemnya ekuivalen.

c. Kesukaran, tingkat kesulitan dalam suatu tes merupakan suatu hal yang perlu dipertimbangkan, karena tes psikologis berbeda dengan tes hasil belajar.

d. Diskriminasi, Dalam analisis beda, arah kecendrungan alternatif jawaban pada item dipilih menjadi dua, jawaban satu dan dua. Pembagian arah jawaban tes tidak mengandung arti bahwa jawaban satu lebih baik daripada jawaban dua. Pembagian tersebut hanya sebagai kode. Bila kemungkinan jawaban suatu item terdiri dari dua alternatif, maka penentuan arah jawaban dapat dilakukan dengan mudah.

e. Balance, Suatu tes yang baik harus seimbang. Semua aspek yang akan di ukur tak hanya menumpuk pada suatu item tertentu hingga hasil tes dapat mengukur apa yang akan diukur dan dapat mengungkapkan apa yang sebenarnya yang harus diungkapkan.

f. Efisiensi dan Objektivitas, dapat berarti waktu yang diperlukan untuk menjawab item-item atau pertanyaan dalam melaksanakan tes dipergunakan dengan secepat mungkin Objetivitas berarti dalam pelaksanaan tes seharusnya diperoleh skor yang sesuai dengan kemampuan testi atau bersifat apa adanya (objektif) Penilaian dengan objektivitas disebut dengan penilaian objektif.

g. Ke-spesifikan, suatu tes psikologis dilakukan untuk dapat mengungkapkan kompetensi seseorang, seperti tes intelegensi harus dapat mengungkapkan kemampuan dasar dan intelegensi orang tersebut, demikian juga dengan tes bakat yang harus mampu mengungkapkan bakat yang dimiliki seseorang.

h. Kecepatan, mengacu kepada waktu dalam pelaksanaan tes. Waktu dalam pelaksanaan tes itu tidak terlalu lama dan tidak terlalu cepat. Untuk menentukan tes yang baik dan efisien maka dapat dipertimbangkan melalui try out.

12. Pola komunikasi dalam proses interaksi belajar mengajar
a. Komunikasi sebagai aksi atau komunikasi satu arah, Dalam komunikasi ini guru berperan sebagai pemberi aksi dan siswa sebagai penerima aksi. Guru aktif dan siswa pasif. Ceramah pada dasarnya adalah komunikasi satu arah,atau komunikasi sebagai aksi. Komunikasi jenis ini kurang banyak menghidupkan kegiatan siswa belajar.

b. Komunukasi sebagai interaksi atau komunikasi dua arah, pada komunikasi ini guru dan siswa dapat berperansama yaitu pemberi aksi dan penerima aksi.

c. Komunikasi banyak arah atau komunikasi sebagai transaksi, Komunikasi ini tidak hanya melibatkan interaksi yang dinamis antara gurudenan siswa tetapi juga melibatkan interaksi yang dinamis antara siswa yang satu dengan yang lainnya.

13. Fungsi motivasi dalam belajar adalah:
Mendorong manusia untuk melakukan suatu tugas atau perbuatan yang serasi guna mencapai tujuan yang dikehendaki dengan menyisihkan perbuatan – perbuatan yang tidak bermanfaat bagi tujuan tersebut.


14. Prinsip-prinsip motivasi dalam belajar sebagai berikut :
a. Motivasi sebagai dasar penggerak yang mendorong aktivitas belajar.
b. Motivasi Intrinsic lebih utama dari pada motivasi Ekstrinsik.
c. Motivasi berupa pujian lebih baik dari pada hukuman.
d. Motivasi berhubungan erat dengan kebutuhan dalam belajar.
e. Motivasi dapat memupuk optimism dalam belajar.
f. Motivasi melahirkan prestasi dalam belajar.

15. Teori Motivasi dalam belajar, diantaranya :
a. Motivasi Intrinsik. Jenis motivasi ini timbul dari dalam diri individu sendiri tanpa ada paksaan dorongan orang lain, tetapi atas dasar kemauan sendiri.

b. Motivasi Ekstrinsik. Jenis motivasi ini timbul sebagai akibat pengaruh dari luar individu, apakah karena adanya ajakan, suruhan, atau paksaan dari orang lain sehingga dengan keadaan demikian siswa mau melakukan sesuatu atau belajar.”

16. Hubungan antara teori belajar dengan strategi mengajar guru adalah: 
Pengetahuan dalam mempersiapkan pengajaran terhadap peserta didik dimana harus dipersiapkan sebelumnya. Jadi antara teori belajar dengan strategi mengajar guru saling berkaitan erat.

17. Sumber belajar (learning resources) adalah:
Semua sumber baik berupa data, orang dan wujud tertentu yang dapat digunakan oleh peserta didik dalam belajar, baik secara terpisah maupun secara terkombinasi sehingga mempermudah peserta didik dalam mencapai tujuan belajar atau mencapai kompetensi tertentu.

18. Jenis-jenis Sumber Belajar yaitu:
a. Sumber belajar yang dirancang (learning resources by design), yakni sumber belajar yang secara khusus dirancang atau dikembangkan sebagai komponen sistem instruksional untuk memberikan fasilitas belajar yang terarah dan bersifat formal.
b. Sumber belajar yang dimanfaatkan(learning resources by utilization), yaitu sumber belajar yang tidak didesain khusus untuk keperluan pembelajaran dan keberadaannya dapat ditemukan, diterapkan dan dimanfaatkan untuk keperluan pembelajaran.

19. Jenis-jenis lingkungan sebagai sumber belajar:
a. Lingkungan Alam adalah segala sesuatu yang sifatnya alamiah, seperti sumber daya alam (air, hutan, tanah, batu-batuan), tumbuh-tumbuhan dan hewan (flora dan fauna), sungai, iklim, suhu dan sebagainya.

b. Lingkungan sosial, diantaranya :
- Mengenal adat istiadat dan kebiasaan penduduk setempat
- Mengenal jenis-jenis mata pencaharian penduduk sekitar
- Mengenal organisasi-organisasi sosial yang ada
- Mengenal kehidupan beragama yang dianut oleh penduduk
- Mengenal struktur pemerintahan setempat

c. Lingkungan Budaya, lingkungan yang sengaja diciptakan atau dibangun manusia untuk tujuan-tujuan tertentu yang bermanfaat bagi kehidupan manusia.

20. Peranan guru sebagai agen pembelajaran, adalah:
1. Fasilitator.
2. Motivator.
3. Pemacu.
4. Perekayasa Pembelajaran.
5. Pemberi Inspirasi Belajar bagi Peserta Didik.